Senin, 07 Januari 2008

Mencegah Virus tanpa Anti virus di windows XP

Makin maraknya (baca:hebatnya) virus-virus lokal yang terkadang terlambat dikenali anti-virus telah menjadi momok bagi pengguna sistem operasi Windows. Windows masih merupakan sistem operasi yang menguasai pasaran desktop, baik yang digunakan secara legal maupun ilegal. Masuknya virus-virus lokal lebih diperparah dengan kurang update-nya anti-virus dan kurangnya pengetahuan tentang core (baca:dasar) Windows itu sendiri. Namun bisakah kita meminimalisir peluang terinfeksinya komputer kita dengan virus-virus ini tanpa menggunakan anti-virus? Jawabannya akan dibahas di artikel ini.

Mengamankan Komputer dengan Meminimalisir Serangan Virus Tanpa Anti Virus

Sehubungan dengan kekreatifitasan dan pro aktifnya bangsa Indonesia kita dalam membuat virus yang sangat bervariasi, dan banyaknya laporan-laporan para pengguna komputer yang merasa terganggu dengan adanya virus saat ini yang telah semakin canggih bahkan lebih canggih dari mesin scaner antivirus terkenal yang mereka pakai sekalipun. Maka dari itulah saya terdorong untuk menulis tutorial sederhana ini berharap dapat membantu kalayak ramai yang masih suka memakai anti virus tapi malas mengupdatenya. Di artikel ini akan dibahas 3 langkah cara untuk membantu menjaga komputer kita dari serangan-serangan virus saat ini, yang menurut saya cukup berguna walaupun tidak bisa secara total menangkal virus akan tetapi setidaknya membantu mengurangi serangan beberapa virus yang saat ini banyak menyebar.

Mengenal Virus Komputer

Saat Ini, pastilah kita semua selaku konsumen/pengguna jasa komputer dan jaringan ( internet ) sudah sangat sering mendengar istilah “virus” yang terkadang meresahkan kita. Tulisan ini akan mengupas lebih jauh mengenai virus, yang nantinya diharapkan dapat membuat kita semua mengerti dan memahami tentang virus.

Mengembalikan Folder Yang Hilang (Windows XP)

Ada sebuah cerita sederhana seperti ini: “Komputer saya terkena virus, setelah saya scan menggunakan antivirus, virus itu berhasil dihilang atau dibersihkan, tetapi setelah saya restart ada beberapa Folder di komputer saya yang hilang”.

Flashdisk terkena virus, setelah di scan menggunakan antivirus, flashdisk terbebas dari virus tetapi kenapa ketika flasdisk itu saya coba buka di komputer lain banyak folder yang hilang? Saya sudah coba cari dengan Properties Tools, Folder Option, View, Show Hidden Files and Folders, bisa terlihat tapi untuk membuang checklist pada Attribut tidak bisa diaktifkan.

http://ilmukomputer.com/2006/12/03/mengembalikan-folder-yang-hilang-windows-xp/

Teknik Menyembunyikan Folder

Mas mahadji, saya sudah mempraktekkan cara mas dalam memproteksi folder dan
berhasil namun ketika mau mengembalikannya ke semula tidak bisa.Bagaimana cara mengembalikannya ke semula?

Hampir email yang masuk ke inbox saya seperti ini, oleh karena itu sebelum kita masuk ke teknik selanjutnya, saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan folder yang terproteksi dengan cara seperti itu. Caranya hampir sama yaitu mengganti nama tersebut ke nama semula namun dengan cara yang berbeda yaitu melalui dos prompt, bagaimana langkah lengkapnya, simak tutorial berikut.

http://ilmukomputer.com/2007/12/22/teknik-menyembunyikan-folder-2/


Tidak ada komentar: