Senin, 07 Januari 2008

Game PC Foot Ball

Dalam dunia game sepakbola taktis, sudah lama ada persaingan antara game yang lebih menekankan aksi (seri FIFA) dan simulasi (seri Winning Eleven, atau sekarang bernama Pro Evolution Soccer). Salah satu alasan FIFA dianggap kurang populer atau bahkan inferior karena FIFA belum dapat memberikan feel bermain sepakbola seperti game seri WE. Harus diakui itu adalah kelemahan seri FIFA selama ini. Game-game sepakbola FIFA hampir selalu lebih menekankan tampilan grafis menawan, musik yang menghentak, nama-nama besar pemain profesional yang dilisensi, dan aksi-aksi lapangan yang spektakuler dan meriah. Tapi sayangnya FIFA selalu kurang dalam hal gameplay dibanding pesaing terdekatnya.

Sebagaimana ciri khas game-game EA Sports, FIFA Soccer 08 tetap tampil dalam visualisasi yang mulus, rapi, dan cemerlang. Tampilan menu-menu mudah dipelajari dan dilatarbelakangi musik-musik yang menggoda goyangan kaki waktu menjelajahinya. Belum lagi efek suara saat memasuki pertandingan, sungguh luar biasa. Sorakan-sorakan penonton, lagu-lagu hymne yang terdengar dari para supporter, bahkan suara-suara cemoohan dari penonton, membuat para gamer merasa seolah berada dalam stadion yang sebenarnya.


Dari segi permainan, ada dua variasi tambahan yang diberikan kepada gamer untuk dimainkan. Yaitu mode “Be A Pro,” yang bisa dikaitkan dengan mode “Co-Op.” Mode yang pertama adalah gamer hanya mengontrol seorang pemain saja dari satu tim dan mengembangkan pemain itu sebagai pemain terbaik. Sedangkan mode kedua adalah bila para gamer terhubung dalam satu jaringan atau menggunakan kontroler yang berbeda, gamer-gamer tersebut dapat bekerja sama di dalam satu tim untuk bermain melawan musuh. Jadi gamer yang satu memainkan tokoh pemain yang dipilihnya, sedangkan rekan gamer yang lain memainkan pemain lain di dalam tim yang sama. Setiap selesai pertandingan peranan dan perkembangan tokoh pemain pilihan itu akan dievaluasi dan dinilai kemajuan yang berhasil dicapai.

Tidak ada komentar: